Langsung ke konten utama

Konfigurasi GA4 dan Google Tag Manager di website WAStore

Konfigurasi GA4 dan Google Tag Manager di website WAStore Latar belakang  1. Saat ini wastore.id sudah menyediakan form input untuk memasukan Google analytics untuk Google universal analytics, namun tahun depan analytics ini akan berhenti mengirimkan data sehingga rekan semua tidak bisa melihat data analytic (jika memang fitur ini anda gunakan) lagi. 2. Di saat yang sama, google sudah menyarankan untuk migrasi ke Google Analytics 4 untuk bisa mendapatkan manfaat fitur analyticsnya, namun untuk setup dan menangkap event yang terjadi di website cukup sulit untuk pengguna awam. Tujuan Dengan tutorial ini kami harap, rekan-rekan bisa menggunakan analytics untuk memantau kinerja toko online masing-masing Ok sudah siap ? pastikan sebelum mulai mengikuti tutorial ini, rekan-rekan sudah membaca informasi sebelumnya tentang cara klaim domain dan akses website sehingga google mempercayai bahwa anda adalah pemilik atau owner dari domain dan website tersebut. Jika belum rekan-rekan bisa ikuti petu

Konfigurasi GA4 dan Google Tag Manager di website WAStore

Konfigurasi GA4 dan Google Tag Manager di website WAStore





Latar belakang 

1. Saat ini wastore.id sudah menyediakan form input untuk memasukan Google analytics untuk Google universal analytics, namun tahun depan analytics ini akan berhenti mengirimkan data sehingga rekan semua tidak bisa melihat data analytic (jika memang fitur ini anda gunakan) lagi.

2. Di saat yang sama, google sudah menyarankan untuk migrasi ke Google Analytics 4 untuk bisa mendapatkan manfaat fitur analyticsnya, namun untuk setup dan menangkap event yang terjadi di website cukup sulit untuk pengguna awam.


Tujuan

Dengan tutorial ini kami harap, rekan-rekan bisa menggunakan analytics untuk memantau kinerja toko online masing-masing


Ok sudah siap ? pastikan sebelum mulai mengikuti tutorial ini, rekan-rekan sudah membaca informasi sebelumnya tentang cara klaim domain dan akses website sehingga google mempercayai bahwa anda adalah pemilik atau owner dari domain dan website tersebut. Jika belum rekan-rekan bisa ikuti petunjuk tentang "Klaim website WAStore.id untuk internet marketing tools" lalu kembali ke halaman ini untuk mengikuti tahapan berikutnya.

Oh ya ada beberapa hal yang dimengerti tentang cara Google Analytics merekan Event(peristiwa) lalu ditampilkan di analytics :

1. Event yang sudah kami konfigurasi adalah dalam bentuk pre configured dimana dari sisi pemilik toko tidak perlu repot untuk pasang event code di websitenya.

2. Event yang kami pasang sangat terbatas namun bisa dikembangkan sendiri oleh para pemilik toko dengan menggunakan Google Tag Manager. Adapun event yang kami record meliputi event basic seperti page view dan event khusus kegiatan e-commerce seperti add to cart dan purchase.

Untuk melakukan setup akun GA4 dan Google Tag Manager anda dapat dilakukan di menu "website"

Formulir input ID

Lalu ikuti langkah-langkah ini :

1. Isi dengan cara "GA-UA22123" diikuti "|" lalu "GTM-JKA123"
2. Informasi ID GA-UAID/GA4-Measurement ID ini adalah bagian untuk memasukan Universal GA-ID(Jika masih digunakan oleh pemilik toko) atau diisi dengan Measurement ID jika versi google analytics yang digunakan adalah GA4

ID Pengukuran(Measurement ID) dapat diakses melalui Akun GA4 => Setting => Aliran Data (Data Stream) => Tambahkan website atau buka setting atau klik salah satu item Aliran data yang ada, nanti akan tampil seperti ini :





3. Final penampakan yang ada di form input itu akan seperti ini : "G-09BGSTA | GTM-JKA123"

4. Simpan dan konfigurasi di sisi website wastore.id anda sudah selesai

Dibutuhkan sekitar 1x24 jam agar google analytics anda siap menampilkan data analytics dari website anda.


Hasil dari Analytics nanti bisa diakses melalui google analytics melalui Menu -> Laporan -> Siklus Proses -> Monetisasi -> Pembelian e-commerce.



Disclaimer : 

1. Mungkin terjadi perbedaan data antara analytics dan keadaan yang sebenarnya, jika hal ini terjadi, keadaan yang sebenarnya adalah nilai benar dibanding nilai analytics. Analytics ini bisa digunakan sebagai data awal untuk menganalisa tentang apa yang terjadi dengan toko anda.

2. Karena kebiasaan pengguna WAStore saat ini, dimana ketika pelanggan melakukan order, di bagian dahsboard tidak pernah diupdate statusnya (diproses/selesai), jadi ini yang kami adaptasi untuk masuk ke analytics pada event pendapatan total adalah nilai dari pemesanan yang berhasil masuk, jadi bisa dijadikan sinyal untuk memahami jumlah pesanan.


Mungkin ini dulu pembahasan tentang Google Analytics 4, silahkan kontak CS kami jika ada hal yang kurang dipahami. Nantikan informasi berikutnya tentang implementasi Google ads untuk mengiklankan toko online wastore anda dengan budget Rp 20.000/Hari





Komentar

Postingan populer dari blog ini

SINKRONISASI TOKO WASTORE DENGAN FB DAN IG SHOPPING

SINKRONISASI TOKO WASTORE DENGAN FB DAN IG SHOPPING     Kehadiran produk kita di berbagai channel sosial media bisa menjadi bagian strategi untuk menambah touch poin pelanggan dengan produk rekan-rekan, s etelah kami tunjukan bagaimana melakukan sinkronisasi google merchant center melalui dashboard administrator Toko WAStore, sekarang kami akan tunjukan cara melakukan sinkronisasi produk di toko online WAStore rekan-rekan ke IG dan FB shop,  kedua platform ini bisa mendapatkan update produk dari toko rekan-rekan dengan bersamaan. Hal ini bisa dilakukan karena kedua toko mengelola sumber data yang sama dari Facebook Commerce Manager ,         Untuk kepentingan ini, rekan-rekan bisa mencari info tentang cara membuat FB dan IG shopping, setelah toko-toko sudah siap untuk dibuat katalog dan produknya, tutorial ini bisa digunakan. Berikut ini tahapan-tahapan yang perlu dibaca lebih jauh tentang bagaimana menggunakan facebook commerce manager untuk membuat toko facebook dan IG : Silahkan bac

CARA SINKRONISASI PRODUK DARI TOKO ONLINE WASTORE KE GOOGLE SHOPPING

     Pada kesempatan ini, team produk WAStore ingin menginformasikan perkembangan terbaru terkait fitur WAStore yang dapat membantu toko online WAStore rekan-rekan diindex oleh Google Shopping, walau produk google ini tidak terlalu familiar atau terkenal di kita, namun jika kita buka google shopping, kita bisa melihat banyak sekali produk yang ditampilkan oleh marketplace besar baik dengan iklan ataupun organik, kami melihat di sini ada peluang, jika produk rekan-rekan WAStore masuk dalam jajaran tampilan di Google Shopping ini. Walau sejauh ini kami belum menerima informasi terkait bagaimana google shopping ini dipakai di Indonesia, namun melihat banyaknya produk lokal yang dijual melalui marketplace muncul di sini, kami berasumsi, produk ini suatu saat bisa jadi produk utama Google dalam menampilkan hasil pencarian terkait produk yang dijual di Internet.     Secara alur, google shopping pada titik terakhirnya, mengajak pengunjung ke website penyedia produk atau layanan. Bisa kita bay

TIPS SIMPLE UNTUK TOKO WASTORE.ID EKSIS DI SEARCH ENGINE

      Kebutuhan untuk eksis di search engine saat ini memang dibutuhkan, walau strategi ini sebenarnya tidak selalu jadi hal utama, karena masih banyak channel untuk membuat toko online anda selalu jadi tempat berbelanja untuk pelanggan anda. Rank di Search Engine yang umum kita pakai, khususnya di Indonesia, sudah dipenuhi dengan optimasi dari Marketplace terkemuka dan punya cukup kekuatan modal yang mungkin juga sudah menguasai banyak sekali keyword untuk ditarget, namun bukan tidak mungkin toko dan produk kita juga bisa eksis di search engine, khususnya google.    Sebagai informasi, yang kami sarankan di sini hanya tips sederhana agar paling tidak website rekan semua bisa terindex di halaman pencarian Google, namun rekan-rekan bisa kembangkan lebih jauh lagi karena website yang dibagun WAStore ini SEO dan Analytics Friendly. Website rekan-rekan siap menerima GA(Google Analytics) Id dan Facebook Pixel, serta dukungan meta tags untuk beberapa sosmed, yang bisa mengikuti standar format