Langsung ke konten utama

Konfigurasi GA4 dan Google Tag Manager di website WAStore

Konfigurasi GA4 dan Google Tag Manager di website WAStore Latar belakang  1. Saat ini wastore.id sudah menyediakan form input untuk memasukan Google analytics untuk Google universal analytics, namun tahun depan analytics ini akan berhenti mengirimkan data sehingga rekan semua tidak bisa melihat data analytic (jika memang fitur ini anda gunakan) lagi. 2. Di saat yang sama, google sudah menyarankan untuk migrasi ke Google Analytics 4 untuk bisa mendapatkan manfaat fitur analyticsnya, namun untuk setup dan menangkap event yang terjadi di website cukup sulit untuk pengguna awam. Tujuan Dengan tutorial ini kami harap, rekan-rekan bisa menggunakan analytics untuk memantau kinerja toko online masing-masing Ok sudah siap ? pastikan sebelum mulai mengikuti tutorial ini, rekan-rekan sudah membaca informasi sebelumnya tentang cara klaim domain dan akses website sehingga google mempercayai bahwa anda adalah pemilik atau owner dari domain dan website tersebut. Jika belum rekan-rekan bisa ikuti petu

CARA SINKRONISASI PRODUK DARI TOKO ONLINE WASTORE KE GOOGLE SHOPPING

   



 Pada kesempatan ini, team produk WAStore ingin menginformasikan perkembangan terbaru terkait fitur WAStore yang dapat membantu toko online WAStore rekan-rekan diindex oleh Google Shopping, walau produk google ini tidak terlalu familiar atau terkenal di kita, namun jika kita buka google shopping, kita bisa melihat banyak sekali produk yang ditampilkan oleh marketplace besar baik dengan iklan ataupun organik, kami melihat di sini ada peluang, jika produk rekan-rekan WAStore masuk dalam jajaran tampilan di Google Shopping ini. Walau sejauh ini kami belum menerima informasi terkait bagaimana google shopping ini dipakai di Indonesia, namun melihat banyaknya produk lokal yang dijual melalui marketplace muncul di sini, kami berasumsi, produk ini suatu saat bisa jadi produk utama Google dalam menampilkan hasil pencarian terkait produk yang dijual di Internet.

    Secara alur, google shopping pada titik terakhirnya, mengajak pengunjung ke website penyedia produk atau layanan. Bisa kita bayangkan jika di titik akhir itu adalah halaman produk rekan-rekan, maka ini juga bisa jadi channel untuk menjual produk rekan-rekan semua.

     Untuk mempersingkat dan segera memulai tutorial sinkronisasi ini, rekan-rekan bisa segera mengikuti langkah-langkah ini :

1. Buat akun terlebih di google merchant center, ini menjadi langkah dasar.

2. Setelah profile jadi, rekan-rekan sudah memiliki merchant id, simpan atau pastikan anda tahu di mana informasi ini disimpan di google merchant center. Pada langkah ini, kemungkinan rekan-rekan diminta untuk melakukan klaim website, rekan-rekan bisa mengikuti tutorial klaim website wastore di halaman ini.

3. Rekan-rekan membutuhkan 2 hal untuk mengintegrasikan Toko WAStore ke google merchant center, yaitu Buat .json key file dengan cara create key, simpan key ini jangan sampai hilang karena ini nanti digunakan untuk integrasi. Jikapun hilang, kita selalu bisa buat key baru untuk menggantinya.

    Berikut ini cara mendapatkan Merchant Id, terletak di pojok kanan dahsboard merchant rekan-rekan, berupa deretan angka unik, nanti silahkan dikopi saja untuk langkah 4 :


   

   Untuk mengambil .json file, rekan-rekan bisa mengikuti langkah di bawah ini :

a. Pilih menu setting => Content API


b. Setelah itu buat key baru 


c. Nanti akan ada key file dalam format .json pastikan anda mengetahui letak hasil downloadnya





4. Masukan Merchant ID dan Json Key ke WAStore admin pada menu tool -> google merchant, lalu simpan.



5. Tekan tombol "Sinkronisasi Google Shopping", maka semua produk yang ada di WAStore anda akan otomatis disinkronisasi ke akun google merchant anda. Tinggal menunggu review dan approval dari sistem Google, silahkan bersabar di periode ini, karena memang ini adalah sistem mereka. Rekan-rekan akan mendapati informasi serupa ini jika sudah berhasil melakukan proses upload, rekan-rekan bisa lihat sumber data "Content API", sebagai informasi bahwasanya data diupload dengan metode tersebut :



Sebagai catatan, keuntungan sinkronisasi dengan metode ini adalah, Google akan memperbaiki data properti "google_product_cathegory", mereka akan melakukan tuning dengan teknologi pintarnya, menautkan produk kita dengan kategori yang secara umum sudah diindex oleh google.



Mungkin dari sini rekan-rekan bisa mencoba integrasikan toko wastore nya dengan google merchant sehingga bisa muncul di google shopping dengan mudah. Untuk integrasi dengan sosmed FB dan IG, rekan-rekan bisa belajar dari tautan ini.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

SINKRONISASI TOKO WASTORE DENGAN FB DAN IG SHOPPING

SINKRONISASI TOKO WASTORE DENGAN FB DAN IG SHOPPING     Kehadiran produk kita di berbagai channel sosial media bisa menjadi bagian strategi untuk menambah touch poin pelanggan dengan produk rekan-rekan, s etelah kami tunjukan bagaimana melakukan sinkronisasi google merchant center melalui dashboard administrator Toko WAStore, sekarang kami akan tunjukan cara melakukan sinkronisasi produk di toko online WAStore rekan-rekan ke IG dan FB shop,  kedua platform ini bisa mendapatkan update produk dari toko rekan-rekan dengan bersamaan. Hal ini bisa dilakukan karena kedua toko mengelola sumber data yang sama dari Facebook Commerce Manager ,         Untuk kepentingan ini, rekan-rekan bisa mencari info tentang cara membuat FB dan IG shopping, setelah toko-toko sudah siap untuk dibuat katalog dan produknya, tutorial ini bisa digunakan. Berikut ini tahapan-tahapan yang perlu dibaca lebih jauh tentang bagaimana menggunakan facebook commerce manager untuk membuat toko facebook dan IG : Silahkan bac

TIPS SIMPLE UNTUK TOKO WASTORE.ID EKSIS DI SEARCH ENGINE

      Kebutuhan untuk eksis di search engine saat ini memang dibutuhkan, walau strategi ini sebenarnya tidak selalu jadi hal utama, karena masih banyak channel untuk membuat toko online anda selalu jadi tempat berbelanja untuk pelanggan anda. Rank di Search Engine yang umum kita pakai, khususnya di Indonesia, sudah dipenuhi dengan optimasi dari Marketplace terkemuka dan punya cukup kekuatan modal yang mungkin juga sudah menguasai banyak sekali keyword untuk ditarget, namun bukan tidak mungkin toko dan produk kita juga bisa eksis di search engine, khususnya google.    Sebagai informasi, yang kami sarankan di sini hanya tips sederhana agar paling tidak website rekan semua bisa terindex di halaman pencarian Google, namun rekan-rekan bisa kembangkan lebih jauh lagi karena website yang dibagun WAStore ini SEO dan Analytics Friendly. Website rekan-rekan siap menerima GA(Google Analytics) Id dan Facebook Pixel, serta dukungan meta tags untuk beberapa sosmed, yang bisa mengikuti standar format